Warna Warni Kisah Menarik Ketika PKL – Santri SMK Rabbaanii TA 2017/2018

Nama: Raga Murtadha

Kelas: RPL – 11

Saat Melamar PKL

Pada awal bulan november 2018 saya sudah mencari tempat untuk magang, saya mencarinya di berbagai sosial media seperti facebook dan telegram. Suatu hari saya menanya ke grup lowongan IT di telegram dan banyak sekali yang menyarankan saya tempat PKL dan saya pun mengirim CV saya ke Gmail kantor yang disarankan. Tetapi pada saat itu saya tidak melihat kalo tempat yang disarankan itu tidak strategis tempatnya dan sangat jauh dari rumah saya dan saya tidak boleh nge kos oleh orang tua saya dan disuruh pulang pergi saja biar bisa dikontrol oleh orang tua, oleh karena itu saya dipanggil ke kantor mereka saya tidak datang. Dan pada suatu hari ada seseorang bernama mas arianto menyarankan saya ke kantor IT terbesar se tanggerang selatan yaitu DataOn, saya pun dikasih kontak manager kantor DataOn oleh mas arianto, nama manager tersebut adalah Pak julian alimin, setelah itu saya mulai menanya ke dia. Kata saya “permisi pak saya raga murtadha dari SMK Rabbaanii Islamic School, saya ingin bertanya apakah kantor bapak menerima anak magang di bidang mobile developer, kata pak julian “ada kantor saya lagi butuh anak magang” dan saya pun dikirim kan alamat kantor tersebut dan alamat gmail untuk mengirim cv, setelah mengirim cv beberapa hari kemudian saya di telpon oleh HRD kantor DataOn untuk datang kantor DataOn pada tanggal 5 november untuk interview, dan pada tanggal 5 november saya pun datang kesana dengan kereta krl dari cikarang turun di jurangmangu , sesampainya saya di jurangmangu saya mesen grab ke kantor DataOn ternyata sangat dekat sekali hanya 5 menit sudah sampai. Dan sesudah sampai saya minta izin masuk gedung dan naik lift ke lantai 5 untuk menemui HRDnya. Tetapi saya tidak langsung di interview saya ditest terlebih dahulu dan test tersebut adalah test IQ dan test berbasis android, setelah itu saya lulus test dan saya di interview oleh HRD. Saya ditanya tentang orang tua saya, alamat rumah saya, sekolah dimana dan ketemu kantor DataOn dari mana, setelah di interview oleh HRD saya di interview lagi sama Project Manager saya, saya ditanya “kamu sudah bisa apa di bidang mobile developer” dan saya pun menjawab “alhamdulilah saya sudah menguasai android studio dan RESTFUL API” dan saya pun menunjukan aplikasi saya yang ada di playstore. Dan setelah itu saya pun diterima dikantor itu

ITU LAH PENGALAMAN SAYA SAAT MELAMAR PKL

Ketika PKL

Pada tanggal 19 november 2018 itu lah hari pertama saya kerja, saya berangkat dari rumah pukul 04 : 45  atau setelah solat subuh dari rumah ke stasiun cakung, nah ini lah yang bagian saya suka adalah naik kereta karena setiap pagi karena saya akan berperang dengan orang – orang kantoran yang akan pergi kerja apalagi jalur kereta saya lewat tanah abang dan ke tanah abang itu akan melewati sudirman yaitu pusat kantor dan saya pun harus berebutan naik kereta tersebut untuk dapat naik kereta ke arah tanah abang, byk sekali saya pengalaman saya distasiun mulai kejar kereta eh pas sampe depan pintu kereta tau nya udah ditutup dan sampe jatuh di stasiun, setelah dari tanah abang saya transit ke jurusan maja dan turun di jurang mangu, biasanya saya nyampe dijurangmangu itu jam 7an. Dan saya pun jalan kaki ke kantor karena untuk menghemat uang karena saya dikasih ongkos hanya 40 rb perhari. sesampe nya saya dikantor saya pun dikumpulkan oleh HRD dengan karyawan baru lainnya di satu ruangan dan yang lebih menarik semua karyawan baru yang dikumpulkan disatu ruangan dengan saya menjadi teman saya, nah setelah dikumpulkan saya pun dikenalkan tentang kantor DataOn oleh HRD saya dan perkenalan kantor itu sangat lama dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore, pada jam 12 siang saya pun istirahat untuk makan siang yang disediakan kantor saya dan saya pun berkumpul dengan dengan teman baru saya. Dan setelah makan saya pun lanjut balik lagi ke ruangan yg tadi untuk mengenal lebih lanjut DataOn. Pada jam 5 sore saya pun ditunjukan oleh HRD saya meja untuk PKL saya dan saya pun masuk dalam divisi utama kantor saya yaitu Special Project dan setelah itu  saya pulang kerumah. Ke esokan harinya saya pergi kekantor lagi seperti biasa dan setelah sampai nyampe kantor saya duduk di meja baru saya, baru saja saya mengeluarkan laptop dan saya pun langsung di ajak oleh Project manager saya yaitu mas bayu untuk rapat buat membahas project saya sampe saya selesai saya PKL, dan saya pun dikasih project yaitu membuat aplikasi absen kantor versi litenya awalnya saya sangat ragu dikasih project tersebut tetapi hari demi hari saya pun berusaha untuk bisa menyelesaikannya. Dan saya pun menjalan kan kegiatan kantor seperti biasa pergi jam 5 pagi pulang jam 8 malam dan dari pengalaman itu saya bisa merasaka betapa capeknya orang tua mencari nafkah untuk anaknya dari pergi pagi dan pualang malam.

ITU LAH PENGALAMAN SAYA SAAT PKL

Ketika Selesai PKL

Pada tanggal 20 maret 2019 itu lah hari terakhir saya kerja dan pada saat itu perasaan saya agak sedih dan agak senang, dan pada saat itu saya mengechat semua teman saya dikantor saya kalau saya last work dan mereka pun kaget dan mereka bilang “hah? Serius anak sma udah selesai Magang? “ kata saya “iya hehehe” dan mereka pun bilang “hayu kita buat perpisahan ntar sore buat si raga kita makan – makan ok”

Dan setelah itu saya menyelesaikan project saya walaupun gagal dan saya pun melakukan handover dan penghapusan data kantor, setelah itu saya pun pamit ke seluruh anggota di semua di divisi saya dan saya pun kumpul dengan teman – teman kantor saya untuk perpisahan saya dengan mereka saya pun di traktir sama mereka dan kami pun melakukan poto – poto buat kenangan dan saya pun pulang kerumah dengan perasaan sedikit sedih dan sedikit senang.

INI LAH CERITA SINGKAT TENTANG PENGALAMAN SAYA SEMENJAK MAGANG DI KANTOR DATA ON


Nama : M nur irsad

Kelas : XI tkj

Saat melamar PKL

Pertama kali saya melamar untuk pkl saya mengirim cv dan surat permohonan pkl dari sekolah melalui email, untuk gedung Royal progress. beberapa hari kemudian saya dipanggil untuk di interview, setelah itu saya kesana dan sesudah sampai disana saya melakukan interview dari jam 1 siang sampe jam 5 sore, kemudian saya pulang dan keesokan harinya saya mendapatkan informasi bahwa saya tidak di terima hari demi hari saya mencoba lagi untuk melamar lagi ke datacom setelah itu saya kirim cv dan surat permohonan pkl dari sekolah melalui email juga kemudian saya di panggil lagi untuk ketemu dengan usernya, sesudah sampai saya diinterview lagi, dan beberapa minggu saya tidak mendapatkan informasi apapun dari user nya, kemudian keesoakan harinya saya mencoba untuk melamar lagi ke Trans7, saya mengirim cv dan surat permohonan pkl dari sekolah, untuk ngelamarnya melalui email juga setelah mengirim email beberapa hari kemudian saya dipanggil untuk interview lalu saya kesana, 1 bulan kemudian dapat informasi bahwa saya diterima di gedung trans7. pada akhirnya saya bekerja di gedung trans7.

Ketika PKL

Saat bekerja pertama kali di gedung trans7 disana saya disuruh untuk berkenalan terlebih dahulu sama teman-teman kantor, seteleh berkenalan saya pikir saya akan memainkan mikrotik ehhh padahal saya tidak main mikrotik Jika anda pengen tahu pekerjaan saya di gedung trans7 itu sangat mudah pekerjaan dari hari pertama itu adalah menginstal ulang windows, dan hari kedua saya disuruh untuk membuat topologi sederhana dari mikrotik. Hari ketiga dst. Saya mengerjakan hal yang sama seperti mengerjakan installasi windows, lalu mengerjakan join domai, mengecek jalur koneksi yang terputus dan membuat kabel jaringan, dan ikut acara-acara tv. hari pun berlalu tidak terasa saya bekerja di trans7 sudah 1 bulan hari demi hari saya bekerja dan waktu pun sangat cepet saya bekerja sudah 2 bulan sebelum bulan terakhir tepatnya pada hari kamis tgl 28 maret 2019 saya diajak untuk ikut acara yaitu acara L-Men setelah acara selesai saya pulang ke kantor lagi pada jam 9 malm dan keesokan harinya yaitu bulan maret tanggal 29 tahun 2019 saya selesai pkl, ketika saya dikantor saya di kasih hadiah dari trans7. ketika perpisahan saya sama teman-teman makan makan di kantor.

Ketika Selesai PKL

Pada tanggal 30 saya pulang ke cikarang pada jam 17:00 wib sesampai di stasiun cikarang saya mengirim pesan ketemen untuk menjemput di stasiun cikarang waktu pun berjalan temen saya datang menjemput saya setelah itu saya pulang ke sekolah rabbbannii islamic school sekolahan saya, hari pun telah tiba saya kembali lagi untuk belajar biasa di sekolah, hari demi hari yang ditunggu tunggu telah tiba yaitu ukk ulangan kenaikan kelas sebelum ukk hari jum’at tgl 5 april 2019 saya disuruh ke kantor lagi untuk memberikan nilai saya waktu pkl ke hrd nya. saya berangkat dari sekolahan dari jam 7 sampai disana jam 11 siang setelah sampai saya duduk dikantor sambil menunggu waktunya jum’atan sesudah jum’atan saya makan siang sesudah makan siang saya kembali lagi ke kantor lalu menanyakan nilai pkl nya. Pada jam 5 sore saya disuruh ke hrd untuk membeirkan nilain pkl nya dan ternyata nilai pkl nya belum selesai dan saya harus mengambilnya dilain hari. Pada hari itu saya bingung mau pulang apa tidak dan waktu demi waktu saya memutuskan untuk menginap di kantor. Kemudian paginya saya pulang lagi ke cikrang. Selesai terimakasih


NAMA : RIDHO FITRA PALASA

KELAS : XI TKJ

Saat Melamar PKL

Pertama-tama saatsaya mengirim cv ke perusahaan yang bernama king network, beberapa saat kemudian tepatnya hari senin saya dipanggil untuk melakukan interview pada hari selasa saya berangkat dengan irsyad untuk melakukan interview ke Bekasi galaxy berangkat menggunakan KRL, berangkat pagi sekali sekitar pukul 6 ke stasiun cikarang lalu turun di stasiun kranji, dilanjut dengan menggunakan grab dan nyampe ke tempat tujuan sekitar pukul 11 sedangkan dipanggil nya pukul 12an terpaksa harus menunngu diluar kemudian kemudian saya masuk sekitar pukul 12an karena ada beberapa kendala saya memutuskan untuk di cancel saja dan memutuskan untuk pulang pada saat di perjalanan mengetahui dana sudah menipis sedangkan besok harus ke Jakarta untuk mengantar irsad ke tempat interview pkl kami berdua memutuskan untuk pulang ke rumah saya di kedungwaringin, istirahat sejenak, habis maghrib kami memutuskan untuk pulang ke sekolah rabbanni.

Otomatis tidak jadi ke king network,k alih alih pusing saya malah mendapat tawaran untuk pkl di tempat pak hardani di daerah cikarang barat pada saat workshop, ehh malah berkelanjutan fatan pun ikut serta diundang di telegram beberpa minggu setelah saya diajak

Otomatis kita berangkat dengan grab dibekali surat pengantar sekolah dan CV, ketika kami telah sampai di tempat pkl yakni pt evalube, kami di ajak ke ruangan IT oleh pak hardani, dan saya kaget, melihat hamparan kabel beserta router dan switch dan saya diberitahu satu satu router. Bukanya takut saya malah tertantang untuk untuk melakukan pkl bersama pak hardani selama tiga bulan. Dan kami pun deal. Lalu kami pulang.

Seharusnya tanggal 16 november saya mulai pkl ehh malah dimajukan ke 15 novermber otomatis saya pulang lebih awal dari teman teman saya.

Ketika PKL

pas pertama masuk pkl saya harus melakukan senam terlebih dahulu dengan tujuan agar siap tidak ngantuk, sekitar pukul 8:20 saya masuk dengan wajah masih bingung ingin melakukan apa, akhirnya pak hardani memberikan gambaran topologi jaringan pt wgi, pada saat pkl saya di bombing oleh staff IT, ada pak willy yang lucu, saya dan patan sering bercanda dengan pak willy ketika jam istirahat dan saat jam mau pulang, diasana saya melakukan pekerjaan yang paling ribet dan membingungkan dimana sayan harus membongkarb pc yang rusak seperti mengganti hardisk lalu memasang batrei cmos di pc, jika hardisk rusak saya harus mencarilagi hardisk yang bisa dipakai di gudang, trus saya belajar pfsense,freebsd,wordpress,install centos,Ubuntu server

Beberpa minggu kemudian pak willy melihat saya dengan patan duduk terus belajar mengenai software yang pastinya mejenuhkan, pak willy mengajak saya untuk install printer di area pabrik dan ituk harus menggunakan helem safety dan sepatu safety, awalnya saya tertawa kecil, dalam hati seribet inikah untuk masuk ke area pabrik, pada saat di pabrik saya baru tahu bahwa pentingnya safety first. Saya pun kahirnya sampe di staf blending dengan berjalankaki dengan pak willy dan patan, dan kami pun mulai memasang printer, alih alih ingin pulang ke office kami malah disuruh untuk membenarkan outlook (email) saya dikasih susu kotak, dan kamipun memutuskan untuk pulang ke office. Selama pkl saya tidak hanya berdua dengan patan tapi ada beberapa anak pkl yang lainya, yang berada di staff administrasi dan sayapun memiliki banyak teman salah satunya aldi dari staff maintenance.

Disana saya disuruh untuk membuat server pfsense untuk di kirim ke TCT Jakarta, bukanya pusing saya melah senang karena jarang jarang bisa membuat server yang dikirim ke Jakarta, oh iya saya berangkat ke tempat pkl pukul 6 dari rumah kemudian pulang pukul 5 sore dari office

Banyak hal yang saya dapatkan selain ilmu yang saya terima, mulai dari hati hati berkendara sampai ketakutan akan terlambat kerja, sebenarnya tidak apa apa terlambat karena kami masih pkl. Dan yang paling memalaskan itu ketika menunggu sekitar 20 menit di perlintasan kereta api ditutup (kereta lewat)

Ada kejadian yang saya ingat betul dan tidak akan saya lupakan ketika pkl yakni saya disuruh photocopy yang sebelumnya saya belum pernah melakukan nya. Saya diajari oleh office bagian marketing. Terimakasih staff marketing yang telah mengajarkan saya photocopy.Lalu disana Saya belajar pfsense yang mengasikan sampai freebsd yang sangat saya tidak mengerti, ahh freebsd memang membuat saya pusing

Ketika Selesai PKL

kata pak willy saya selesai tanggal 1 maret, seharusnya tanggal 15 februari selesai akhirnya saya mengirim pesan melalui WA ke pak benhard (hrd) menanyakan apakah selesai nya tanggal 15 februari dan pak benhard menjawab “iya”, ahh memang pak willy membuat saya kaget, seminggu ingin selesai pkl alih alih saya ingin membuat laporan saya malah disuruh untuk Konfigurasi mikrotik yakni memblock extensi .mp4 saya membutuhkan waktu 4 hari untuk brelajar otodidak akhirnya laporan saya terggangu dan akhirnya saya selesai pkl pada hari jumat tanggal 15 februari 2019, saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada pak hardani yang telah membimbing saya hingga paham yang nmanya pfsense dan oprating system, kemudian saya juga berterima kasih kepada pak willy, pak roni, pak Robert, pak fatwa , pak haryono, kemudian kepala staff IT pak satrio karena telah menerima saya di pt WGI(evalube).


Nama :  Fatchan Muhammad Hakim

Kelas :  11 TKJ

Saat Melamar PKL

Saat saya melamar PKL saya mengirim CV dan sertifikat lewat gmail tapi saya di tolak sekali, saat saya cari lagi ke semua perusahaan dan saya ada pengarah atau ada memberikan informasi buat anak PKL yaitu di perusahaan evalube saya langsung kasih CV dan sertifikat ke perusahaan tapi kirimnya lewat gmail pak hardani. Saat saya datang ke perusahaannya sama temen saya nah saat sampai di perusahaan saya dan temen” saya langsung di Tanya sama pak hardani banyak banget yang di Tanya yang saya inget itu kamu di sinih harus bener” mau belajar itu lah kata” dari pak hardani yang saya inget. pas 2 hari kemudian saya di kasih informasi masalah di terima apa tidaknya Alhamdulillah saya di terima sama temen saya di perusahaan evalube. Yah pertama kali di Tanya itu bisa buat kabel tidak itu yang pertama kali di Tanya saat di terima PKL di perusahaan evalube

Ketika PKL

Saat pertama kali masuk PKL ada pengarah dari perusahaanya saya sama temen saya di panggil di suruh datang ke ruangan terus saya sama temen saya di kasih tahu aturan” dan pelanggaran  buat anak PKL setelah selesai pengarah dari perusahaan tersebut saya sama temen saya itu harus tanda tangan itu buat bukti kalau saya sama temen saya di terima di perusahaan evalube. Hari ke dua saya sama temen saya itu di kasih tahu topologi server yang ada di perusahaan tersebut nah baru hari ke 3 itu bongkar pasang PC dan cara masang alat yang ada di dalam pc tersebut bukan hanya bongkar pasang pc tapi di kasih tahu nama” yang ada di dalam pc selama seminggu dan bukan hanya bongkar pc tapi harus memahami topologi server yang ada di perusahaan evalube selama seminggu. Nah hari ke 4 itu materi nya pfsense itu salama sebulan kurang nah di situh saya tidak tahu apa itu pfsense dan cara settingnya di hari ke 5 nya itu di suruh memahami apa itu pfsense selama 3 hari setelah udah 3 hari baru cara konfigurasinya. Di pfsense itu ada materi, instalasi pfsense pfbloker, ip address, dhcp-server, dns server, squid, dan cara akses / masuk ke dalam pfsensenya, VPN, block pengunjung leptop kita ke seluruh dunia. Pertama kali mulai konfigurasinya yaitu instalasi pfsense di PC setelah selesai instalasi pfsense itu harus di kasih ip address agar bisa akses / masuk ke dalam pfsensenya lewat browser nah pas sudah masuk ke dalam pfsense saya mulai dari dasar”nya seperti ip address, dhcp, dns server, menampilkan graphic jaringan dan dll yang ada di dalam pfsense. Sehari itu satu penjelasan dan konfigurasi pada pfsense setelah itu buat artikel. pertama kali main pfsense itu setting ip address dan dhcp-server nah hari berikut nya baru dns server dan enable disable yang ada dns tersebut. di dns pfsense itu ada 3 jenis beda seperti dns di mikrotik. Selama satu bulan itu fokus sama materi pfsense yang terakhir itu materi proxy. Tapi saya tidak sampai detail hanya cuman memahami konsep dan konfigurasinya yang lainya di suruh cari sendiri seperti penjelasan dan perngertian dan fungsinya. Tapi yang palik uniknya itu setiap jam 7 itu wajib senam buat anak pkl. Yang saya inget itu saat pkl adalah saat praktek kedokteran itu semua anak pkl harus ikut karena buat nilai pkl. Tapi di situh saya suka di jodoh”in sama pak hardani dan pak willy ke anak pkl perempuan yang ada di perusahaan evalube di situh lah saya tidak suka di jodoh”in. nah saya bukan cuman belajar pfsense tapi banyak materi seperti freebsd, centos, membuat server, ftocopy, membenerin pc yang rusak Dllnya dan saya juga di ajarin dunia hacker tapi saya harus tahu fungsinya buat apa dan cara kerja nya apa. Saya pernah di ajak muter” di perusahaa evalube dan di perkenalakan semua alat” yang ada di perusahaan di evalube. Saya juga di ajarin cara membenarkan pc yang eror sama pak wiliyy dan setelah selesai benerin saya juga di kasih susu kotak. yah intinya bukan Cuman mikrotik yang harus di pelajari tapi banyak dunia TKJ itu seperti pfsense, cisco, freebsd, centos, bongkar pc, cara ftocopy, instalasi. Yah materinya juga selang seling seperti hari ini pfsense besok bongkar pc yah selang seling materinya agar tidak pusing kepalanya. Yang paling seru itu saat praktek kesehatan tapi ky sejenis kesehatan di dalam mobil ambulan pada ketawa” yah seru dah di ajak muter” itu praktek kesehatan seperti ada orang sakit atau apa lah gituh. Setiap sore itu full music katanya biar hilang pusingnya itu kebiasaan di perusahaan evalube full music dan nonton drama korea dan suka bercanda.

Ketika Selesai PKL

Saat terakhir pkl saya di suruh bantuin bu lia di suruh buat SPT di perusahaan evalube. Saat saya selesai pkl saya langsung membuat buka materi pfsense, freebsd, buat artikel itu buat laporan ke pak hardani itu juga untuk anak pkl baru biar anak pkl baru itu belajar dari artikel saya dan buku saya. Saya kan sudah selesai laporanya untuk pak hardani tapi saya juga membuat laporan untuk perusahaan tersebut. saya 5 kali bolak balik ke perusahaan sambil ambil uang pkl dan saya juga di ajak main ke perusahaan kalau di rumah tidak ada kegiatan. Banyak kenangan yang tidak di lupakan saat pkl di perusahan evalube.


Nama : Muahamad Ridwan Alazzam

Kelas : TKJ-2

Saat Melamar PKL

pertama kali saya melamar saya pkl saya mencari-cari di group appk telegram banyak sekali di group tersebut untuk sebuah lamaran dan group itu juga refrensi dari guru saya, dan saya akhirnya pun baca-baca dengan berharap ada yang sesuai dengan jurusan saya, ketika saya melihat dan teliti akhir nya saya tertarik dengan salah satu orang yang men share lamaran tersebut ketika saya chat pribadi ternyata tidak menerima anak pkl padahal saya sudah cukup di bilang basa basi but no problem, akhirnya saya mencari lagi, hingga yang kedua kalinya saya juga melihat dan saya tertarik dan saya ajak chat pribadi dan alhasil bukan jurusan saya melainkan jurusan RPL dan saya pun terus mencari dan di tolak ada yang bilang “kami tidak menerima anak pkl mas maaf” dan ada pula yang bilang “ini jurusan RPL mas” dan tak terasa saya sudah di tolak 10 kali lah ( rada-rada lupa J ) walau kecewa tetapi saya tetep cari tetapi ternyata guru saya memberikan refrensi lagi tetapi bukan lewat group appk melainkan web yang pada umumnya juga mendaftar kerja dari web tersebut, akhirnya saya mencari-cari melalui pengiriman cv saya, hingga sekian lama tidak ada satupun kantor yang saya kirim membalas cv saya, hingga suatu hari temen saya di suruh oleh guru saya untuk pkl ke trans7 tetapi teman saya ini menolak, sampai detik-detik tanggal pkl pun saya belum dapet juga akhirnya tersisa tiga orang saja termasuk saya yang belum dapat tempat pkl dan akhirnya ber team saja untuk mencari tempat pkl tersebut, alkisah pada tanggal pkl teman-teman saya yang sudah dapet pkl akhirnya pkl adapun saya dan teman saya yang dua orang berencana untuk di trans7 saja, ketika saya di rumah ada pesan wa masuk “kriing…..kriinggg” saat saya lihat saya berkata “ini sapa ya ?” ( hati penasaran ) hingga akhirnya saya buka dan tulisannya adalah bersifat untuk pkl di trans7 dan saya pun senang hingga akhirnya saya akan datang ke sana untuk melamar pkl pada tanggal 29 November 2018, saya akhirnya berangkat ke jakarta pada tanggal 28 Novembernya untuk menginap di rumah nenek saya terlebih dahulu, sebelum saya ke Jakarta saya sudah janjian kepada teman-teman saya bahwa saya ke rumah nenek saya dulu jadi saya startnya di Jakarta.

Keesokan harinya pada tanggal 29 November 2018 saya bersiap-siap untuk ke sana dengan memakai baju yang sudah di tentukan oleh HRD, yaitu : kemeja hitam dan celana hitam, akhirnya saya berangkat dari rumah nenek saya start jam 08:00 adapun temen saya sudah duluan ke station tebet, dalam perjalanan, saya harus naek busway terlebih dahulu agar turun di station jatinegara, dan di sini ada cerita menariknya yang mana saya malah bablas sampe ke pgc 2 karena saya ketiduran wkwkw J maklum cape, singkat cerita akhirnya saya naek dari station manggarai dan sampai ke station tebet, dan di situ saya bertemu dengan teman-teman saya dan ternyata salah satu teman saya bersama ayahnya, akhirnya kita salaman dan memesan grab car setelah beberapa menit di perjalanan hati saya rasanya bercampur takut ga di terima senang dan lain-lain, dan akhirnya kita pun sampai di gedung trans7 dan saya kaget dan senang sekali karena gedung gede dan bagus dan saya berfikir ternyata di area tersebut bukan cuman trans7 saja ternyata masih banyak lagi seperti CCN INDONESIA, BANK MEGA, TRANS TV, dan lain-lain hingga akhirnya saya ketemuan sesuai yang di beri info oleh hrd tersebut, sekian lama saya dan teman-teman saya menunggu, akhirnya giliran saya dan teman-teman saya mendapat giliran, singkat cerita saya di terima di trans7.

Ketika PKL

Pada tanggal 7 januari 2019 hari dimana saya kembali lagi ke Jakarta untuk pkl, sebelum berangkat saya dan teman-teman saya janjian untuk berangkat bersama-sama dan ketemuan di station cikarang, dan akhirnya kita bertiga bertemu di tempat yang sudah kita janjikan, alkisah kita bertiga sudah sampai di trans7 dan kita bertiga ke kantor untuk hari pertama di trans7 dan kami pun berlkenalan dan canda-canda dengan orang kantor di sana, awal hari saya pkl kami di suruh santai-santai saja dan akhirnya kita pun bersantai-santai, awal tugas saya adalah menginstall pc os, hari demi hari semakin banyak dan berbagai macam tugas yang di suruh seperti : cek jalur internet client, ikut ke acara konser, cek client yang trouble install pc os dan lain-lain.

Ketika Selesai PKL

hari demi hari kita lewati , tugas demi tugas kita kerjakan, hingga tak terasa besok sudah selesai masa pkl saya dan teman-teman saya, 2 hari sebelum selesai pkl kita masih dapat tugas karena bertepatan dengan acara L-Men, keesokan harinya akhirnya kita dapat makan-makan karena bertepatan dengan keluarnya manajer di kantor saya dan di situ kebetulan saya belum makan hehehehe J, hingga akhirnya satu kantor pada makan-makan dan canda tawa ria, hingga tak terasa haripun sudah mulai memasuki malam dan kita bertiga pun tidur dan besoknya kita pulang.

Thx u untuk semuanya yang ada di kantor GEDUNG TRANS7 karena telah memberikan saya pelajarang baru.


Nama : Ramadhani Bagus Satrio Wibowo

Kelas : 11 TKJ

Saat Melamar PKL

Setelah perpulangan PKL Saya diam dirumah sampai dipanggil oleh HRD Trans 7 untuk melamar PKL setelah beberapa hari, saya dan temen2nya dipanggil untuk melaksanakan interview pada tanggal 29 November 2018 lalu dan waktu interview dilaksanakan pada pukul 14:00 dan saya senang sekali jika sudah diterima di PKL trans 7 tersebut..

Ketika interview saya sudah bicara dengan jelas dengan HRDnya dan setelah itu, saya sudah mengasih berupa dokumen seperti cv arar sesama karyawan bisa saling mengenal setelah itu, saya akan melanjutkan ke gedung trans media lantai 5 untuk melakukan interview lanjutan tersebut.. dan di kantor jika ditanya sama usernya, maka saya sudah bisa menjawab pertanyaan tersebut setelah melakukan interview PKL, saya dan teman2nya nanti akan masuk PKL di trans 7 pada tanggal 7 Januari yang akan datang setelah liburan sekolah..

Ketika PKL

Setelah liburan sekolah pada hari pertama, Akhirnya saya diterima di PKL Trans7, saya berangkat PKL sendiri dulu menggunakan kereta yang berangkatnya jam 05:43 dan setelah itu, jam 06:56 sudah di manggarai dan setelah itu saya berangkat ke cawang dengan menggunakan kereta dan setelah sampai di cawang, saya menggunakan buswaynya nyasar malah yang ke pancoran.. dan akhirnya transit lagi sampe pancoran barat dengan jalanan yang sangat macet dan sampai di trans 7 pun jam 8 dan akhirnya nunggu2 sampe jam 10 dan disini saya baru tau bahwa shift di trans 7 itu adalah pukul 10:00 sampai 17:00

Setelah pukul 5 saya dan teman2nya sedang membenahi kontainer untuk tidur di kantornya dan ini agar tidak lelah dengan jalanan yang sangat macet dan agar tidak capek bolak balik lagi, saya akan memutuskan untuk pulang kerumah seminggu sekali..

Pada hari kedua PKL, saya pergi bareng dengan teman2 di stasiun cawang dan akhirnya aku bisa naik grab untuk pulang pergi mingguan dan harganya terjangkau untuk cawang trans 7 sekitaran 7-8 ribu dan dikantor saya pernah membahas microsoft visio 2016 yang fungsinya untuk menggambar jaringan tersebut dan setelah beberapa hari di PKL Trans7 saya mengambil ID card untuk magang di trans7 dengan harga sekitaran Rp 50000 agar tidak bolak balik mengambil/mengembalikan ID Card sementara tersebut

Hari demi hari dikantor saya sudah mulai terbiasa menginstall windows 10, install data2 kantor dan sebagainya dan setiap ada PC Yng trouble di bank mega, saya akan menyelesaikan trouble pada PC Tersebut seperti Join domain dan sebagainya..

Pada tanggal 21 Februari saya melakukan bongkaran di balai sarbini untuk menyelenggarakan acara Konser musik Spesial pada malam hari jam 19:00 sampai Jam 23:00 dan pada pagi hari, saya dan teman2 melakukan bongkaran untuk menyelenggarakan acara tersebut sampe jam 5 saya duduk2 untuk menunggu acara tersebut.. setelah acara selesai, saya beres2 peralatan jaringan tersebut dan setelah itu saya akan melakukan duduk2 normal dan setelah itu istirahat..

Sebelum berakhirnya PKL Saya izin satu hari karena saya sakit dan setelah saya sehat saya baru tahu bahwa ada bongkaran lagi dan bongkaran tersebut ada penyelenggaraan acara adalah Lmen di trans 7 dan setelah ada acara tersebut saya mendapat nasi kotak..

Ketika Selesai PKL

Pada hari terakhir PKL Saya melakukan makan nasi lagi dan Jika sudah selesai PKL Saya dapat souvenir yang berupa baju, pulpen, kalung ID Card, berserta PIN trans 7 tersebut.. setelah itu, saya akan melakukan pengisian nilai pribadi dulu dan pada malam hari saya membriefing ke stap untuk melakukan perubahan nilai dan setelah seminggu yang berlalu alhamdulillah saya mendapat nilai yang baik di PKL Dengan nilai 78 dan jam 5 sore temen saya menyerahkan nilai PKL Ke HRD Tersebut dan setelah itu saya kesana lagi nanti hari senin yang akan mendatang

 

Itulah Beberapa kisah PKL Santri SMK Rabbaanii Islamic School, hal yang mungkin bisa di ambil pelajaran dari kisah tersebut adalah :

1. Penolakan dan Penolakan dalam proses pencarian PKL sudah sangat wajar karna penolakan adalah sebuah proses yang harus di lalui dalam melamar apapun baik melamar pekerjaa, melamar PKL sampai melamar calon istri hehehe

2. jangan pernah takut untuk terjun ke dunia baru karna apapun yang telah kita pelajari di sekolah itu hanya 1 dari per 1000 ilmu yang akan di terapkan di lapangan saat PKL kelak, PKL adalah saat dimana kita mencoba ilmu yang telah kita dapatkan di sekolah dan saat kita mendapatkan ilmu baru di lapangan

3. hal yang paling menarik dari PKL adalah mendapatkan teman baru yang berarti sama halnya mendapatkan relasi baru, jaga silaturahim ini terus berlangsung, mungkin lain waktu kita bisa saja butuh bantuan rekan PKL kita atau mungkin sebaliknya rekan PKL kita butuh bantuan kita

 

Semoga Artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *