Cara Upgrade MikroTik Routerboard

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Pada materi kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara melakukan upgrade pada routerboard mikrotik, kata upgrade sendiri mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi, namun perlu saya beri sedikit penjelasan tentang upgrade pada routerboard ini dan kenapa harus melakukan upgrade.

Sesuai dengan namanya upgrade yakni meningkatkan atau memperbaharui, maksudnya dengan melakukan upgrade pada mikrotik, anda sudah setuju untuk memperbaharui versi yang ada pada mikrotik anda saat ini.

Kenapa harus upgrade ?

Tentu jawabanya karna ingin mendapatkan fitur-fitur terbaru yang telah di rilis oleh mikrotik atau bahkan ingin berjaga-jaga mungkin pada versi yang anda gunakan saat ini terdapat beberapa bug yang mungkin belum atau telah anda ketahui, tentunya pihak mikrotik sendiri pasti memiliki alasan mengapa mengeluarkan versi terbaru, salah satunya adalah untuk memperbaiki bug yang terdapat pada versi sebelumnya.

Baiklah setelah beberapa penjelasan di atas mengenai fungsi upgrade pada mikrotik, selanjutnya saya akan memberikan contoh bagaimana cara melakukan upgrade pada router mikrotik.

Hal yang perlu anda perhatikan saat ingin melakukan upgrade pada mikrotik adalah :

  1. Cek saat ini router mikrotik anda menggunakan versi berapa ?
  2. Cek saat ini mikrotik anda menggunakan arsitektur apa ?

Untuk melihat versi dan arsitektur pada mikrotik anda saat ini silahkan perhatikan pada gambar di bawah ini :

Langkah selanjutnya download file mikrotik sesuai dengan versi dan arsitektur yang ingin anda pasang di router mikrotik anda, contoh disini saya akan menggunakan versi 6.41.

Untuk mendownload file tersebut anda dapat mengunjungi link resminya : https://mikrotik.com/download

Pada gambar di atas terdapat dua buah jenis package yakni :

Main package = package yang berisi kebutuhan utama pada router yang sudah di bandel dalam 1 file ber ekstensi .npk

Extra package = sama seperti main package namun sedikit lebih lengkap dan file ini memiliki format .npk masing-masing yang dapat anda custom file mana saja yang ingin di tambahkan ke router

//Upgrade Router Mikrotik ke Versi 6.41

Seperti yang sudah anda ketahui saat ini mikrotik yang saya gunakan memiliki versi 6.38 yang saya akan coba upgrade ke versi 6.41, untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar di bawah ini :

Setelah file .npk sudah berada di menu file pada mikrotik maka langkah terakhir adalah melakukan reboot pada router mikrotik dengan cara masuk ke menu System lalu pilih Reboot, tunggu hingga proses reboot mikrotik selesai, untuk memastikannya silahkan buka winbox dan klik Refresh beberapa kali jika mikrotik belum juga terdeteksi.

Jika proses upgrade pada router mikrotik berhasil maka pada tampilan awal login di winbox sudah dapat di lihat perubahan versi pada mikrotik sebelumnya, seperti pada gambar di bawah ini :

 

Allhamdulillah sampai tahap ini mater mengenai Cara Upgrade Mikrotik Routerboard telah selesai.

Semoga artikel ini bermanfaat 🙂

Leave a Reply